Sabtu, 19 Maret 2011

ROBOT JEPANG

Robot Tercipta dari Masalah yang Dihadapi Jepang

Gempa merupakan hal tak terprediksi dan banyak usaha untuk memprediksinya sering berakhir meleset. Meskipun Jepang merupakan negara yang paling rawan mengalami gempa, namun menjadi salah satu lahan untuk pengembangan robot-robot canggih. Lalu, apa hubungan antara robot dan gempa?
Jepang merupakan negara yang paling rawan mengalami gempa karena terletak di Pacific Rim of Fire yang menjadi titik lempeng tetonik Pasific dan Eurasia bertumbukan dan membuatnya menjadi negara yang sangat rentan gempa. Kondisi alam yang seperti ini mendorong Jepang untuk menciptakan banyak robot penyelamat.
Seperti dikutip dari Popular Science, terdapat delapan robot penyelamat yang pernah digunakan untuk mitigasi bencana seperti RoboCue, Snakebot, Robotic Safety Crawler, Roller-Skatig Rescuer, Breath-Sensor, Kinect-Powered Rescue-Bot, Humanoid BEAR Medic-Bot dan Ultra-Cheap RoachBot.
Gempa dahsyat yang disusul tsunami di Jepang itu memang menghancurkan sebagian wilayah Jepang. Namun banyak pihak yang merasa yakin bahwa kecanggihan teknologi dan kesiapan warga serta pemerintah Jepang akan membuat Jepang cepat pulih. Salah satunya yaitu dengan menggunakan robot-robot penyelamat itu untuk menyelamatkan korban.
Manusia memang hanya bisa membuat taktik penyelamatan dan sebisa mungkin mengurangi dampak, namun ketika kita berusaha lebih baik lagi ke depannya, maka tak ada yang mustahil. Sama seperti Jepang. Ketika masalah utama yang mereka hadapi adalah gempa, mereka mencari jalan untuk mengatasi masalah itu. Persis seperti hidup kita. Jadikan masalah itu batu loncatan untuk lebih baik lagi.


 

Perkembangan Robot Jepang

Kali ini saya akan coba membahas tentang Perkembangan Robot Jepang. Namun sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita mengetahui dulu asal mula kata Robot itu sendiri, mungkin diantara kita ada yang belum mengetahui asal mula dari kata Robot itu sendiri. Berikut kilasan singkatnya Asal kata Robot Kata robot pertama kali diperkenalakan oleh seorang penulis dari Czech yang bernama Karel pada tahun 1921. Kata Robot berasal dari kata ‘robota’ yang berarti: Pekerja Sendiri, Kata robot diperkenalkan kepada masyarakat dalam permainannya RUR (Rossum's Universal Robot), yang diterbitkan pada tahun 1920. Robot Pertama Buatan Jepang Gakutensoku
 
 
Robot Jepang Siap Lomba Maraton
INILAH.COM, Osaka – Ilmuwan Jepang akan menyelenggarakan maraton 41,8 km. Maraton ini dilakukan untuk menguji ketahanan parsiapannya, yakni lima robot. Seperti apa?
Robot-robot itu memulai perlombaannya sejak kemarin. Perlombaan ini untuk melihat robot-robot itu berusaha menyelesaikan 422 lap lintasan indoor 100 meter di Osaka. Seperti dikutip NewScientist, semua robot harus bisa berjalan menggunakan dua kaki dan diizinkan berhenti untuk perbaikan dan pergantian baterai.
Meski begitu, tiap menit yang dihabiskan untuk melakukan hal tersebut akan tetap dihitung dan ditambahkan dengan waktu perlombaan secara keseluruhan. Perusahaan robot jepang, Vstone, mensponsori perlombaan itu dan menyiarkannya langsung di situs web perusahaan.
Namun jangan harap berencana melihat perlombaan hingga selesai. Pasalnya, perlombaan ‘maraton’ itu akan membutuhkan waktu paling tidak empat hari.
Perlombaan ini kemungkinan besar akan dimenangkan oleh robot yang tak hanya tercepat juga menggunakan rancangan terbaik untuk bertahan dalam lintasan 41,8 km itu dengan pergerakan terus menerus.
 

 
 

0 komentar:

Posting Komentar